Label

Selasa, 12 Oktober 2010


Kita hidup di abad informasi
A

Bad infrormasi adalah suatu abad dimana ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dijadikan kekuasaan (power). Sekarang ini perusahaan menggunakan informasi untuk mendapatkan competitive advantage (keunggulan kompetitif). Anda tidak pernah menemukan suatu perusahaan yangg sukses yang sloganya adalah “apa yang anda tidak ketahui tidak menyakiti anda.”perusahaan memahami bahwa apa yang mareka tidak ketahui dapat menjadi sumber keuntungan bagi pesaing.
Perusahaan yang telah menyadari hakekat nilai informasi adalah perusahaan yang sukses saat ini; perusahaan yang tidak menyadariakan pentingnya informasitidak sukses, tidak dapat mengharapkan dapat survive. apakah manajemen pemasaran, manajemen keuangan, akuntansi, manajemen produk dah manajemen operasional, manajemen sumber daya alam atau spesialisasi lain dalam program bisnis sebagai seorang pekerja berilmu pengetahuan (knowledge worker/ KW). Secara sederhana, pekerja berilmu pengetahuan adalah pekerja yang bekerja dan menghasilkan informasi sebagai produk. Menurut U.S News & Work report, pekerja berilmu pengetahuan di Amerika Serikat lebih dari pekerja lain dengan perbandingan empat banding satu margin.
Tentu saja, anda bekerja dengan tangan anda untuk menulis atau menggunakan mouse dan keyboard untuk menghasilkan spreadsheet, tetapi yang benar-benar telah anda lakukan adalah menggunakan pikirananda dan menghasilkan lebih banyak informasi. Jika anda seorang akuntan, anda menghasilkan laporan laba-rugi, laporan cash flow, laporan penghasilan ditahan (retaine earning), dan seterusnya. Semua itu dapat diproduk yang berdasarkan informasi; produk tersebut secara fisik dapat muncul diatas kertas, tapi tugas bukan menciptakan kertas, melainkan menghasilkan informasi yang ditulis diatas  kertas.
pemakai

Tahun
Data entry

1950-1970
EDP ( electronic data processing)

1970-1990
End User computing

1990-2000
Knowledge Worker (KW)
Knowlegde Management (KM)

2000- saat ini





Tiga kunci utama sukses sistim informasi manajemen yaitu inrformasi, teknologi informasi, dan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar